Apa itu Overclock ?

Apa Itu Overclock ???

sumber gambar : google


Overclock atau sering disebut dengan Overclocking adalah tindakan untuk meningkatkan sebuah komponen clock rate, menjalankan komponen pada kecepatan lebih tinggi dari asalnya. Overclocking biasa dilakukan untuk CPU atau GPU, tapi komponen lain juga bisa dilakukan overclocking seperti Ram dll.

Meningkatkan sebuah clock rate dari komponen akan membuat prosesnya berjalan lebih cepat dari biasanya, tetapi juga menghasilkan panas yang luar biasa. Overclocking dapat membuat komputer kamu berjalan lebih cepat dari biasanya namun kamu memerlukan pendinginan yang super dan perawatan yang rutin.

Komputer CPU yang kamu gunakan, telah dirancang oleh perusahaan tersebut dengan kecepatan maksimum tertentu. Jika kamu menjalankan CPU dengan kecepatan lebih tinggi dengan pendinginan yang tepat, maka komputer kamu akan bekerja tanpa masalah.

Tidak hanya terbatas untuk meningkatkan kecepatan CPU, kamu juga bisa mengatur untuk meningkatkan kecepatan CPU dengan pengaturan tinggi clock rate atau multiplier pada BIOS, memaksanya bekerja lebih keras perdetiknya.


Hal ini akan membuat komputer CPU kamu bekerja lebih cepat, tetapi akan ada komponen yang menghasilkan panas luar biasa dan membutuhkan pendinginan yang tepat. Jika kamu tidak memberikan pengaturan pendinginan yang tepat, salah satu komponen komputer akan menjadi rusak, tidak stabil atau sistem operasi akan melakukan restart.

sumber #WinPoin

0 komentar:

Posting Komentar