Perkembangan dan Struktur dasar HTML


Perkembangan HTML



HTML 1.0

HTML 1.0 adalah versi pertama dari HTML. Pada saat ini tidak banyak orang yang ikut berpartisipasi dalam pembuatannya. Fitur dari versi ini pun masih terbatas. Antar lain heading, paragraf, hypertext, list, efek tebal dan miring pada teks. Versi 1.0 juga mendukung peletakan gambar, namun tidak mendukung adanya teks disekeliling gambar.

HTML 2.0

HTML 2.0 masih membawa fitur sebelumnya dari versi 1.0, dengan tambahan beberapa vitur baru. Fitur tersebut adalah form. Dengan form, kita dapat memasukkan data data seperti nama, alamat, serta komentar. Hadirnya fitur form ini menjadi awal terbentuknya website yang interaktif.

HTML 3.0

HTML 3.0 Pada versi ini, mulai banyak orang yang ikut memberikan kontribusi pada HTML. Fitur baru yang hadir di versi ini salah satunya adalah tabel. Versi HTML ini tidak bertahan lama dikarenakan banyak permasalahan seperti perang antar browser. Karena itu, HTML ini segera diganti lagi menjadi versi 3.2 HTML 3.2 Perang antar browser terus berlanjut dikarenakan mereka membuat tag HTML mereka sendiri. Untuk menghentikan hal ini, dibentuklah sebuah organisasi yang menangani standard dari HTML. Organisasi ini bernama World Wide Web Consortium (W3C).

HTML 4.0

HTML 4.0 Dengan hadirnya W3C sebagai standarisasi HTML, perang browser terhenti. HTML lalu berkembang menjadi HTML 4.0. Versi ini memuat banyak sekali revisi dan perubahan dari versi sebelumnya. Perubahan ini terjadi di hampir seluruh perintah HTML seperti text, link, image, imagemaps, table, form, meta, dan lain lain.

HTML 4.01

HTML 4.01 Versi ini hadir untuk memperbaiki beberapa kesalahan di versi sebelumnya XHTML 1.0 XHTML adalah gabungan dari HTML dan XML. Karena XHTML tidak se-fleksibel HTML, tidak banyak orang yang menyukai versi ini.

HTML 5

HTML 5 adalah versi terakhir dari HTML saat artikel ini ditulis. HTML 5 membawa banyak sekali perubahan terhadap versi sebelumnya. Banyak tag baru yang diperkenalkan, seperti ,,,,dan tag menarik lainnya. Selain itu, HTML 5 mendukung streaming video tanpa menggunakan flash. Lebih lengkapnya akan dibahas dibawah ini

Fitur Baru HTML 5 pengertian html fungsi html sejarah html Kelebihan HTML 5 sebagai versi terbaru dari HTML, adalah dengan hadirnya fitur fitur menarik.

Fitur – Fitur HTML 5.0

  • Doctype dan Meta yang lebih pendek Doctype dan Meta di HTML 5 menjadi lebih pendek dan mudah diingat.
  • Struktur Baru Pada versi sebelumnya, ketika kita ingin membuat struktur website dengan html, kita akan membuatnya dengan tag
  • Form Web Baru Tag pada HTML 5 memiliki banyak tipe baru.
  • Tidak Membutuhkan Flash Sebelumnya, web sangat membutuhkan flash terutama untuk konten seperti video.

Struktur dasar HTML
  • Element Element
Terdiri dari 3 bagian, yaitu tag pembuka, isi dan penutup. Contohnya untuk menampilkan judul dari sebuah halaman, kita membuat kode html seperti ini Yang berwarna biru, itu adalah pembuka. Yang warna hijau adalah isi. Sedangkan yang warna merah adalah penutup. Isi adalah optional, dalam artian tidak masalah jika kita tidak memberikan isi. Beda dengan pembuka dan penutup, keduanya harus ada dalam sebuah kode html. Jika tidak maka akan terjadi error, dan kode tidak akan berfungsi. Pada tag input kita tidak perlu menutupnya dengan ,cukup dengan /> . Bahkan dengan menuliskan > saja juga bisa.
  • Tag
Tag adalah teks khusus berupa dua karakter < dan >. Contohnya tag dengan nama head, dengan nama body, dan sebagainya. Tag ini sudah diatur dari sananya, jadi kita tidak boleh membuatnya sendiri. Misal jika kita menulis , jelas tidak akan berfungsi. Untuk lebih memperjelas, berikut ini struktur dasar kode html Hai teman teman, ini website pribadi saya lho.. Penjelasan untuk menandai awal dan akhir dari file HTML berisikan keterangan informasi seperti title dan jenis dokumen sebagai judul halaman web bagian ini adalah konten utama web seperti header, navigasi, artikel , sidebar dan footer Anda dapat menuliskan kode html di aplikasi bawaan Windows, Notepad. Bisa juga mendownload aplikasi khusu untuk menulis kode yaitu Notepad++.
  • Atribut
Atribut Atribut terdapat didalam script sebuah elemen, fungsinya untuk memberi informasi tambahan tentang elemen. Nilai dari atribut harus ditutup dengan tanda kutip.
Sekian pembahasan dari ane. Semoga bermanfaat
Jangan lupa kunjungi www.RizqinDhafin.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar